Agen Suplemen Kesehatan dan Kecantikan

Diberdayakan oleh Blogger.

Jangan Asal Makan! Inilah 5 Makanan Yang Harus Dihindari


Anda harus makan untuk bertahan hidup, bukan hidup untuk makan. Jika Anda tipe orang yang suka makan itu bagus, tapi jika Anda menyukai semua makanan tanpa pandang bulu, itu berbahaya. Tidak ada alternatif hidup sehat selain diet, Anda juga perlu tahu ada beberapa makanan yang keliatannya aman ternyata mengandung senyawa tertentu yang merugikan kesehatan. Di bawah ini adalah daftar makanan yang perlu Anda hindari berikut alasannya. [Baca juga: Diet Tak Hanya Turunkan Berat Badan]

1. Makanan Cepat Saji (Fast Food) dan Produk Kemasan

Hindari makanan cepat saji, kalau bisa semuanya - entah itu dikemas atau tidak. Ada banyak makanan ringan atau snacks yang dikemas sedemikian menarik tapi membahayakan tubuh Anda, jika tidak berhati-hati dalam memakannya. Burger, pizza, mie, dan makanan instant lainnya, memang sangat praktis disajikan apalagi Anda bisa membeli potato chips (keripik kentang) dengan murahnya. Tapi sayangnya semua makanan saji mengandung MSG atau Monosodium Glutamat yang dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf dan berbagai penyakit. Biasanya MSG digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan, pantas saja makanan instant itu enak :)

2. Minyak Sayur

Kelompok minyak nabati yang tersedia di pasar (minyak bunga matahari, minyak jagung, dan sebagainya) berpotensi membahayakan kesehatan dan harus dibatasi penggunaannya. Minyak ini diproses secara industrial dan mengandung omega 6 yang dapat menyebabkan masalah jantung, seperti detak jantung yang tidak teratur dan kram otot. Semua minyak yang diproduksi pabrik berbahaya jika penggunaannya berlebihan, pilihlah minyak zaitun, minyak kedelai, atau minyak tak jenuh.

3. Tepung Putih

Tepung putih yang dihaluskan dan semua produk yang terbuat dari tepung (seperti mie dan pasta), sangat tidak sehat karena memiliki indeks glikemik tinggi yang berbahaya bagi tubuh. Tepung putih yang dihaluskan kekurangan nutrisi penting yang ada pada gandum, karena dalam proses pengolahan dedak dan kuman dikeluarkan dari tepung yang mengandung vitamin dan mineral penting. Tepung dikenal memiliki pengaruh pada peningkatan resiko penyakit jantung, gula, dan ketidakseimbangan insulin menyebabkan diabetes serta peningkatan jumlah kolesterol. [Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diketahui Seputar Diabetes]

4. Gula

Gula tidak memberi nutrisi dan mineral penting, juga tidak mengandung serat. Gula mengandung fruktosa yang dapat menambah kadar kolesterol dalam tubuh. Meskipun gula juga dapat menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh, kelebihan gula malah memicu terkumpulnya lemak yang tak diinginkan. Tapi jika Anda berpikir untuk menambah berat badan, Anda tidak akan menjadi gemuk hanya dengan makan gula. [Baca juga: Cara Menambah Berat Badan Secara Alami]

5. Nasi Putih

Mengejutkan, ya? Makanan yang kita konsumsi setiap hari ternyata dikategorikan sebagai makanan yang kurang bergizi. Orang Indonesia sudah akrab dengan nasi putih, bahkan dalam menu harian mereka tidak lepas dengan nasi putih. Akan tetapi nasi putih tidak mengandung nutrisi dan mineral yang bermanfaat, sehingga Anda boleh memilih beras merah jika Anda ingin mengganti menu makanan yang lebih sehat dan rendah karbohidrat.
22 Komentar untuk "Jangan Asal Makan! Inilah 5 Makanan Yang Harus Dihindari"

Padahal kita makan nasi putih tiap hari ya... Kalau dihindari agak sulit mungkin dikurangin aja.

kalau alternatif nasi apa ya?

rasanya kebanyakan di asia memang menggunakan nasi sebagai makanan pokok

kalau di barat, biasanya roti ya

Betul sekali Mba Dewi kalu saya saat minum paling Tidak terlalu Suka sama yang namanya manis..hee

saya juga sangat selektif mbak dalam memilih makanan, biar tetap sehat ya, jadi harus konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna ;)

siapa sih dulu yang nyuruh orang indonesia harus makan nasi

ternyata banyak makanan yg hrs dihindari ya mbak biar tetap sehat, dan yg aneh ternyata nasi putih juga kurang baik bagi kesehatan :)

makasih sharingnya menambah pengetahuan baru bagi saya :)


aku kurang suka dengan makanan cepat saji, kurang mantap rasanya.

Nasi putih tergolong makanan yang kurang bergizi mas.. Perbanyak aja makanan bergizi lainnya seperti lauk pauk misalnya :)
Dan konsumsi vitamin suplemen :D

Untuk menu harian yang lebih sehat coba diganti dengan beras merah. Nutrisinya lebih banyak dan suka dijadikan santapan diet ;)

Bagi saya roti itu cemilan. Karena kalo cuma sarapan roti, malah loyo dan cepat lapar lagi.. hehehe. Disarankan roti gandum :)

Gak usah manis-manis kan mbak Dheavy udah manis ;)

Setuju sekali mbak Ririn memang perlu selektif dalam memilih makanan, kalau bukan kita yang merawat tubuh kita, siapa lagi.

mbak Indri, kalau mau diet nasi putihnya diganti sama nasi merah mbak :)

mas DB, wah kalo tau gini saya ga usah ngajak makan bareng di restoran cepat saji... hehehe

cuma yg paling parah adalah poin yg momor 1 y mbak...

no 1 sama no 4 setau saya yg lumayan berbahaya, makanya anak sy paling anti sy kasih makanan cepat saji dan yg bergula, selain itu untuk nasi juga saya batasi mendingan saya kasih banyak lauknya dibanding nasinya :)

Tidak heran ya makanya orang Indonesia angka harapan hidupnya rendah. Setiap hari saya makan tepung, gula dan nasi putih. Ditambah lagi harga buah yang tidak cukup terjangkau bagi orang menengah ke bawah. Habis sarapan nasih putih, ngopi. Siangnya makan mie ayam. :D

ya udah ngajak jajan sama aku saja, asal ngratis pasti aku tak menolaknya. fredciken ya ?

pagi karbohidrat, siang karbohidrat dan malam pun karbohidrat itulah di makanan pokok indonesia, apalagi kalau bukan nasi :D

Semuanya merupakan makanan harian saya, hehe
apalagi yang namanya nasi putih sudah menjadi yang paling penting karena kalau diganti pakai nasi merah dll rasanya aneh saja bagi saya, gak enak banget

Ealah saya malah suka makan mie mbak El.. :)

Back To Top