Agen Suplemen Kesehatan dan Kecantikan

Diberdayakan oleh Blogger.

Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras


Sepertinya hampir semua orang suka mendengarkan musik ya? Bahkan masing-masing dari kita memiliki selera musik yang berbeda-beda, dan seringkali musik yang kita dengarkan dapat mewakili perasaan. Ada beberapa alasan kenapa seseorang sengaja memutar musik dengan volume yang keras, salah satunya untuk mengabaikan hal-hal di sekitar.

Musik yang terlalu keras itu sebenarnya bersifat candu. Karena musik yang keras dapat memicu otak memproduksi hormon endorfin yang berfungsi sebagai zat penenang dan penghilang rasa sakit. Jadi ketika tubuh kebanjiran endorfin, maka kita cenderung merasa aman dan tenang. Inilah sebabnya kenapa musik yang keras memberikan efek ketagihan, seperti yang dijelaskan oleh Dr William Glasser dalam bukunya Possitive Adiction.

Kerusakan Pada Telinga Bagian Dalam

Telinga bagian dalam memiliki ribuan sel rambut halus berfungsi mengkonversi getaran dari suara menjadi sinyal elektrik yang diterjemahkan oleh otak sebagai bunyi. Suara yang sangat keras dapat merusak sel rambut ini dan apabila sudah rusak, tidak dapat diganti atau diperbaiki. Apabila ini terjadi maka akan menyebabkan gangguan pendengaran dan telinga berdengung.

Menurunnya Kemampuan Membedakan Suara

Dalam sebuah penelitian bersama antara National Institute for Physiological Sciences di Jepang dan University of Muenster di Jerman, para peneliti menunjukkan bahwa mendengarkan musik terlalu keras lewat earphone dalam jangka panjang dapat menyebabkan perubahan pada telinga dan syaraf pada otak yang dapat mengakibatkan menurunnya kemampuan membedakan suara.

Penurunan Daya Ingat

Peningkatan sekresi hormon kortisol juga memiliki dampak negatif lainnya bagi tubuh, salah satunya adalah kehilangan ingatan.

Sebuah penelitian di Jerman juga menunjukkan bahwa daya ingat pada kalangan pecinta musik heavy metal menurun hingga 60%. Sementara itu, penelitian lainnya terhadap 600 orang yang jarang mendengarkan musik keras, hanya 4% di antaranya yang menunjukkan penurunan daya ingat.

- KawaiiBeautyJapan.com
10 Komentar untuk "Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras"

Baru tau saya bisa menurunkan daya ingat, kirain cuma merusak telinga aja

Biasanya dampak mendengarkan musik terlalu keras bisa pusing juga loh Mba.... :D

Salam

Alhamdulillah saya tak suka denger Musik... Salam dari Pulau Dollar

wah kalau sampai bisa merusak gendang telinga bagian dalam , ngeri juga ya dampak dengerin musik pakau headphone.. thx inpona

pantesan saya belakangan ini jadi pelupa, terima kasih teh artikelnya sangat bermanfaat sekali

wah nice info, biasanya saya senang dengar musik keras2

pantas banyak yg pelupa, karena pada suka dengar musik langsung terhubung dan masuk ketelinga ,,,,hehehe

kalau saya dengar musik hanya sesuaikan suaranya, ya yang jelas tidak membuat sakit telinga

Ternyata cukup tinggi juga resiko mendengarkan musik yang terlalu keras ya mbak.
Memang secara umum segala sesuatu kegiatan yang dilakukan secara berlebihan (terlalu) dapat menimbulkan dampak negatif yang serius.... Terima kasih sudah berbagi.

untungnya akhir akhir ini udah dikurangin ndenger musik terlalu keras, nice info :D

Back To Top